Bermula 1994, Kemudian 2023

PKKMB, Untan, teknik, Industri, mahasiswa baru,


"05.30. Antar ke kampus."

Pesan itu muncul di grup WA keluarga. Dikirim pukul 22.58 pada Minggu malam, 6 Agustus 2023. Pengirim pesan putri sulung yang baru beberapa bulan melepas seragam putih abu-abu. 

Pagi itu, Senin 7 Agustus 2023 dia bangun pukul empat. Pagi ini dia mau ikut Opspek, dulu namanya begitu. Sekarang disebut PKKMB. Entah sudah berapa kali ganti istilah. 

Ya, Vanessa diterima di Universitas Tanjungpura. Masuk Fakultas Teknik. Program Studi Teknik Industri. Dia lolos lewat jalur non-tes. Dulu namanya PMDK. Sekarang SNBP. 

Saat mengisi form untuk SNBP, dia mengambil dua pilihan. Pilihan pertama, Teknik Industri. Pilihan kedua, Agroteknologi Pertanian. Dan, dia diterima pada pilihan pertama. 

Kami diskusi hampir satu bulan hanya untuk memastikan prodi mana yang dipilih jika ikut SNBP. Vanessa meriset sendiri berbagai peluang termasuk jumlah kouta dan peminat. Dia melihat data tahun sebelumnya. Saya pun tidak tahu dari mana dia bisa dapat data itu. Internet memberi jalan untuk itu.

Pada 28 Maret 2023, Vanessa menangis. Itu kata mamanya. Ia begitu haru karena namanya termasuk yang diterima lewat jalur non-tes tersebut. Dia senang. Skrinsut yang menyatakan diterima dikirim ke grup WA keluarga. 

"Saja mantap." Begitu saya merespon skrinsut yang dikirimnya. Saya masih berkutat dengan deadline. 

"Kita satu almamater." Saya menambahkan respon tadi. 

Ya, pada 1994, saya juga pernah menjadi Maba Fakultas Teknik Untan. Bedanya saya diterima di Teknik Elektro. Dulu hanya ada dua jurusan: Elektro dan Sipil. 

Cara diterimanya sama. Sama-sama jalur non-tes. Namanya PMDK. Saya dari SMTI Pontianak. Vanessa dari SMA St. Paulus Pontianak. Tapi cara penyambutan mahasiswa baru berbeda. Dulu Opspek. Keras dan tegas. Sekarang PKKMB, lebih soft. 

Dulu, kalau panitia atau senior bilang, "Awas!" Maba wajib jawab dengan, "Libas!" Entah sekarang, mungkin sudah tidak. Zaman berubah. Segala sesuatu juga mesti berubah. 

Dulu, kami disebut sebagai Angkatan Nage '94. Entah sekarang, apakah sebutan seperti ini masih ada. Budak Teknik Balak-balak.

Nanti kita tanya Vanessa ya. 

Selamat bergabung dengan para engineer, Nak. Kalau reuni akbar, kita datang berdua ya. Hahaha...[]

Ujung Kota Baru Ujung

9 Agustus 2023

LihatTutupKomentar
Cancel